Trik Terbaik Membuat Meta Deskripsi Blog untuk Optimasi SEO

0
46
views
trik membuat meta deskripsi yang benar

Artikel SEO Blog dari Ana Ogi. Trik membuat meta deskripsi pada blog/website untuk optimasi SEO yang lebih terpercaya. Memanfaatkan fungsi meta description pada blog atau toko online Meta deskripsi blog, toko online, situs web adalah pratinjau teks singkat yang ditampilkan untuk setiap hasil pencarian yang merangkum konten halaman.

Mesin pencari menunjukkan meta description sangat relevan dengan apa yang dicari pengguna. Meski deskripsi meta tidak memiliki efek langsung pada rangking, namun masih merupakan elemen yang sangat penting dalam SEO on-page.

Trik Terbaik Cara Membuat Meta Deskripsi Blog

Di postingan ini, Anda akan belajar apa itu deskripsi meta, bagaimana menulis deskripsi meta yang bagus beserta contohnya dan mengapa mereka masih penting untuk SEO.

Apa itu meta description?

Deskripsi meta adalah tag HTML khusus yang ditempatkan di kepala halaman web yang terlihat seperti ini:

<meta name = "description" content = "Ini adalah ringkasan halaman yang biasanya beberapa kalimat panjang dan mungkin ditampilkan dalam cuplikan pencarian halaman di hasil pencarian." />

Untuk setiap entri yang ditampilkan di hasil penelusuran, Google membuat cuplikan berdasarkan hal berikut:

  • Judul halaman
  • URL halaman
  • Deskripsi meta yang diberikan oleh pengguna di kepala (<head> </ head>) dari halaman atau deskripsi meta dinamis yang dibuat oleh algoritma mesin pencari.
  • Tautan lainnya ke situs web yang sama atau lebih dikenal dengan nama sitelink

Berapa panjang deskripsi meta?

Membuat Meta deskripsi harus antara 160 dan 320 karakter. Menurut Google Guidelines, deskripsi meta bisa berupa kalimat atau dua atau bahkan paragraf pendek. Perlu dicatat bahwa pada Desember 2017, Google membuat perubahan untuk memberikan deskripsi meta yang lebih panjang dalam hasil pencarian mereka. Sebelumnya jumlah maksimal karakter yang ditampilkan adalah 160 sedangkan sekarang rata-rata mendekati 230 karakter.

Meta Description dan SEO

Sebelum masuk ke panduan bagaimana menulis deskripsi meta yang bagus, perlu dipahami apa hubungan antara meta description dan SEO. Perlu dicatat bahwa dari sudut pandang teoritis, mengoptimalkan deskripsi meta adalah bagian dari On-Page SEO yang merupakan salah satu pilar utama Search Engine Marketing.

Deskripsi Meta tidak memiliki dampak langsung pada rangking

Hal pertama yang perlu jelas adalah bahwa deskripsi meta tidak memiliki dampak langsung pada rangking. Apa yang Anda tulis dalam deskripsi meta tidak digunakan selama proses pemeringkatan oleh algoritme. Yang lebih penting untuk rangking adalah optimasi page title .

Deskripsi Meta memiliki dampak tidak langsung terhadap SEO dan rangking. Deskripsi Meta masih penting karena inilah yang pengguna lihat di hasil pencarian dan ini terkait dengan SEO dalam dua cara. Pertama, deskripsi meta yang bagus akan mendorong pengguna untuk mengklik dan mengunjungi situs Anda dan ini berarti lebih banyak lalu lintas. Kedua, Google menggunakan RKPT (klik per tayang) sebagai cara untuk mengetahui apa yang pengguna cari kueri penelusuran tertentu.

Jika pengguna lebih memilih untuk mengklik entri Anda di SERPs maka ini adalah indikasi ke Google bahwa halaman Anda dapat memuaskan niat pengguna lebih baik daripada yang lain, dan ini pada akhirnya akan mengarah ke peringkat yang lebih tinggi.

Untuk memanfaatkan ini untuk tujuan SEO, Anda harus memastikan bahwa konten halaman Anda sangat relevan dengan deskripsi meta, jika tidak pengguna akan kembali ke hasil pencarian setelah mengunjungi halaman Anda dan ini tidak baik.

Cara SEO mengoptimalkan deskripsi meta pada blog website

Selain optimasi blog dengan memaksimalkan penggunaan internal link blog, Anda dapat mengikuti aturan sederhana di bawah ini untuk mengoptimalkan deskripsi meta pada blog anda sebagai berikut:

  • Pertama, pastikan mereka berada dalam jarak yang benar. Jangan membuat deskripsi Anda terlalu pendek atau terlalu panjang. Usahakan jumlahnya berkisar 160-320 karakter.
  • Kedua, manfaatkan Laporan Kinerja yang tersedia di Google Search Console versi baru dan temukan halaman yang memiliki CTR rendah.

Cari tahu kueri penelusuran mana yang memiliki RKT rendah dan melakukan pencarian yang sama di Google untuk melihat deskripsi apa yang ditampilkan dalam cuplikan Anda untuk kueri tertentu.

Tinjau deskripsi meta Anda dan pastikan sangat relevan dengan kueri pengguna.
Penting: Anda mungkin akan menyadari bahwa Google tidak selalu menggunakan deskripsi meta khusus Anda namun kadang-kadang membuat deskripsi dinamis berdasarkan konten halaman.

Bagaimana menulis deskripsi meta yang bagus?

Jika membutuhkan artikel tentang membuat homepage agar visitor meledak, silahkan buka: Struktur Tampilan Situs Blog SEO Friendly. Berikut adalah 10 pedoman terpenting untuk menulis deskripsi meta yang optimal.

  • Deskripsi Meta simpan di bawah 320 karakter

contoh meta deskripsi yang bagus dan benar

Seperti disebutkan di atas, deskripsi meta Anda harus antara 160-320 karakter. Cobalah untuk tetap berada dalam jangkauan ini dan jangan membuat deskripsi meta Anda terlalu pendek atau terlalu panjang.

  • Setiap halaman harus memiliki deskripsi meta yang unik

Setiap halaman atau posting situs Anda, termasuk halaman beranda dan kategori, harus memiliki deskripsi meta yang unik.

  • Deskripsi yang bagus secara akurat merangkum isi halaman

Trik membuat meta description harus informatif dan menarik. Sertakan semua informasi yang relevan dalam deskripsi meta Anda untuk membantu pengguna memahami jika halaman tertentu berguna dan relevan dengan apa yang mereka cari. Jangan menulis deskripsi yang tidak berhubungan dengan konten di halaman.

  • Hindari deskripsi yang dihasilkan secara otomatis

Beberapa CMS secara otomatis menghasilkan deskripsi halaman berdasarkan pada apa yang tertulis dalam 160 karakter pertama dari konten. Ini adalah praktik yang buruk karena Anda mungkin berakhir dengan deskripsi meta yang terlihat seperti ini, yang bukan mesin pencari atau user friendly.

  • Sertakan kata kunci dalam deskripsi Anda

Saya sebutkan di atas bahwa deskripsi tidak memiliki dampak langsung pada peringkat tapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak boleh menggunakan kata kunci dalam deskripsi Anda. Sebaliknya, kata kunci disorot oleh mesin telusur dan membuat cuplikan Anda lebih relevan dengan kueri penelusuran.

  • Hindari deskripsi umum

Dekati deskripsi setiap halaman dengan cara yang unik dan hindari menulis deskripsi umum yang tidak secara akurat menggambarkan konten halaman.

  • Jadikan itu bisa ditindaklanjuti tapi jangan berlebihan

Deskripsi Anda harus mengundang pengguna untuk mengklik dan mengunjungi situs web Anda namun jangan berlebihan. Selalu praktik yang baik untuk melakukan beberapa penelusuran dan melihat apa yang dimiliki pesaing Anda dalam deskripsi meta sebelum menulis sendiri.

  • Tambahkan tanggal terakhir yang diperbarui

Pengguna selalu mencari informasi terbaru, jadi jika ada yang bisa ditambahkan saat halaman Anda terakhir diperbarui. Ini akan membuat cuplikan Anda lebih relevan dan menarik untuk diklik.

Berikan alasan kepada pengguna untuk mengunjungi situs web Anda (tambahkan fitur dan manfaat produk). Jika Anda menjual produk, selain fitur produk, Anda juga bisa memasukkan manfaat mengapa pengguna harus membeli dari toko Anda seperti pengiriman gratis, pengembalian, garansi uang kembali, garansi seumur hidup.

Gunakan skema untuk meningkatkan tampilan cuplikan Anda

Meskipun penggunaan skema tidak mengubah isi deskripsi meta, namun membantu memperbaiki keseluruhan tampilan cuplikan Anda dan menjadikannya kandidat untuk tampil sebagai cuplikan fitur Google. Anda juga dapat belajar meningkatkan visitor blog

Silahkan buka: trik promosi konten blog dengan cepat dan mudah

Kesimpulan

Berlomba-lomba untuk masuk halaman 1 google merupakan kompetisi yang elit dikalangan marketer online. Deskripsi Meta saat ini lebih penting daripada sebelumnya untuk SEO. Isi deskripsi meta tidak digunakan untuk tujuan pemeringkatan oleh algoritme, namun digunakan sebagai cara untuk mengetahui hasil yang diinginkan pengguna dari SERP. Memiliki deskripsi yang bagus dan menarik akan meningkatkan CTR dan ini berarti lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Pedoman untuk menulis deskripsi yang baik sederhana: tetap dalam batas 320 karakter dan berikan deskripsi yang unik dan akurat untuk semua halaman Anda.

Akhirnya, jangan lupa untuk menguji bagaimana deskripsi meta Anda terlihat di semua perangkat, termasuk seluler dan tablet, karena ada beberapa perbedaan tentang bagaimana Google membuat cuplikan hasil penelusuran pada iklan tersebut.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here