Trik Cara Cepat Menjawab Soal TOEFL Reading Part 3

Satu dari sekian banyak materi pembahasan soal toefl reading adalah tentang pemahaman detail dari suatu bacaan. Trik mengerjakan soal toefl reading sangat perlu dipahami secara mendalam sebab jenis soal ini membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya. Didalam reading comprehension terdapat suatu jenis pertanyaan yang disebut dengan detail dimana jenis ini paling sering ditanyakan. Pertanyaan-pertanyaan jenis ini termasuk cukup rumit. Sehingga dituntut kecermatan dalam membaca teksnya. Dan sebagai pedoman menjawabnya, yang perlu diperhatikan adalah jenis pertanyaan detail menyatakan 2 hal yaitu:

  1. Bertanya mengenai sebagian kecil dari bacaan (jadi bukan bacaan secara keseluruhan) yang kadang-kadang dapat diambil langsung dari bacaannya. Untuk yang ini, jawabannya dapat dicari langsung dari bacaan. Cirinya adalah informasi yang diungkapkan secara berurutan.
  2. Bertanya mengenai informasi tersurat yang diungkapkan dalam bacaan. Dengan demikian, perlu kejelian dalam mengartikannya. Sebagai petunjuk untuk jenis ini, perhatikan dengan cermat pengeritiannya sebab kata yang digunakan untuk menyampaikan tidaklah persis dengan yang terdapat dalam bacaan. Hal itu ditanamakan parafrasa, yaitu menyampaikan makna yang sama tetapi sedikit berbeda dalam pemakaian kosakata ataupun tata bahasa.

Untuk lebih memperjelas cara dalam mencari jawaban jenis Detail dapat dilakukan sebagai berikut ini:

  1. Pemakaian adjective clause

Kalimat yang mennjukkan jawabannya ditandai dengan pemakaian relative pronoun: that, who, which, whom, when, where. Perhatikan contoh soal toefl reading berikut ini:

Airships, which are cigar-shaped, steerable ballon, have many uses, such as filming, advertising, and entertainment.

Dalam kalimat diatas, makna kata yang digarisbawahi ditunjukkan oleh adjective clause “which are cigar-shaped, steerable ballon”. Ingat bahwa adjective dapat berfungsi sebagai modifier dari noun yang terdapat main clause. Pada kalimat tersebut main clause nya adalah “airships have many uses, such as filming, advertising and entertainment”.

  1. Pemakaian kata acuan

Kata acuan dapat digunakan untuk menerangkan kata lainnya, baik yang terletak sebelum maupun setelah kata acuan. Perhatikan contoh berikut ini:

The solar-powered batteries is the ERS-1 are expected to fungtion for at least two years, during which time the satellite will be able to gather more information than any previous satellite.

Makna kata yang digaris bawahi dapat dicari dengan menggunakan acuan. Pada kalimat diatas, acuannya adalah satellite sehingga dipakai sebagai petunjuk/indikator.

  1. Pemakaian ungkapan yang menunjukkan pertentangan

Beberapa kata yang bermakna pertentangan, seperti: but, however, in contrast, or, whereas, despite, instead, in spite of, unlike, dan although dpat digunakan untuk menjelaskan kata lainnya. Perhatikan contoh berikut:

The brief scenes in the movies focus on the boy’s piint of view, whereas the longer scenes depict the pather[s side.

Pada kalimat diatas, kita dapat menemukan frasa whereas the longer scenes. Ini berarti kalimat tersebut membandingkan sesuatu dengan the longer scenes. Selanjutnya kita tinggal mencari bagian dari kalimat tersebut. Yang mempunyai unsur yang hampir sama dengan frasa tersebut. Kita akan menemukannya diawal kalimat, yaitu the brief scenes. Dengan demikian, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kalimat tersebut memuat detail tentang the brief scenes dan the longer scenes.

  1. Pemakaian tanda baca

Tanda baca seperti: comma (,) dash (-) tanda kurung, dan sebagainya dapat digunakan untuk menunjukkan makna suatu kata. Contoh:

In laser printing, the greater the number of dpi (dots per inch), the higher the qualities of the image produced.

Makna dpi mengacu kepada kata-kata yang terdapat dalam tanda kurung yaitu dots per inch.

  1. Pemakaian contoh

Kata atau ungkapan yang sering digunakan dalam menyebutkan contoh seperti (such as, like, for example, for instance) dapat dipakai untuk menunjukkan makna suatu kata. Perhatikan contoh berikut ini.

Percussion instruments, such as drums, cymbals, and tambourines were the preferred instruments in the study.

Benda-benda yang disebutkan setelah kata such as, seperti yang kita sebutkan adalah alat-alat musik yang cara pemakaiannya dipukul. Dengan demikian kita dapat mengetahui bahwa makna percussion instruments adalah alat musik pukul.

Untuk menguji pemahaman soal reading: silahkan buka Latihan soal toefl reading online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*