Top 9 Alat Deteksi Plagiat Online Secara Gratis

0
75
views
alat deteksi plagiat online secara gratis

AnaOgi – Alat deteksi plagiat online gratis yang direkomendasikan untuk mengetahui artikel serta karya tulis yang diciplak. Dunia penulis semakin berkembang saat ini, dan perlu langkah untuk menjaganya agar terbebas dari aksi plagiat. Tindakan merugikan ini sering digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab karena berbagai alasan. Mungkin mereka malas, tidak menghargai karya orang lain, ingin serba instan, ataupun hal lainnya. Didukung berkembangnya akses internet membuat para penulis mudah menemukan sumber artikel ilmiah dengan mudah.

Plagiarisme adalah mengambil hak orang lain dalam bentuk karya tulis tanpa sepengetahuan penulis. Aktivitas plagiat bisa dalam bentuk kesengajaan, ataupun memang mereka tidak mengatahui bahwa tindakan tersebut adalah plagiat. Umumnya aksi plagiat dilakukan ketika siswa atau mahasiswa dalam masa penulisan skripsi, tesis, jurnal ataupun karya ilmiah lainnya.

Padahal dalam praktek pembuatan skripsi, Keaslian konten sangat penting. Karya yang tulis yang diciplak bisa menjadi momok menakutkan untuk karir dan profesi seseorang. Menghindari aksi plagiat adalah wajib. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam masa penyusunan skripsi kedokteran, farmasi, keperawatan, maupun topik lainnya, sebaiknya lupakan bentuk tindakan tidak terpuji ini.

Top 9 Alat Deteksi Plagiat Online Gratis

Agar Anda bisa terbebas dari aksi plagiat baik disengaja maupun tidak, berikut ini 10 alat deteksi plagiat yang bisa Anda gunakan secara online dan gratis.

1. DupliChecker

Perangkat lunak online ini digunakan secara online. Duplichecker bertujuan memeriksa plagiarisme atau untuk beberapa penggunaan lainnya. Sangat mudah digunakan dan nyaman, memberikan hasil instan (dalam hitungan detik). Pengguna yang tidak terdaftar diizinkan hanya untuk 1 pengecekan gratis setiap hari sementara pengguna terdaftar dapat melakukan hingga 50 kali dalam sehari.

Buka: https://www.duplichecker.com

2. Grammarly

Alat ini harus dimiliki oleh penulis. Ini tidak hanya membantu melawan plagiarisme tetapi juga mendukung seseorang untuk menjadi penulis yang lebih baik. Setelah diunduh ke komputer, ini berfungsi selama bekerja secara online. Ini mengoreksi seluruh teks, memindai hingga 250 jenis kesalahan tata bahasa dan ejaan dan memberikan hasil instan. Tersedia pilihan untuk menggunakan versi gratis dari versi premium.

Buka: https://www.grammarly.com

3. Paperrater

Perangkat lunak berbasis cloud gratis ini menawarkan 3 layanan dan hasilnya cepat. Versi berbayar menawarkan lebih banyak fungsi termasuk menerima dokumen yang lebih panjang dan memberikan hasil yang lebih cepat.

Buka: https://www.paperrater.com

4. Plagiarisma

Aplikasi ini memiliki fitur yang mendukung lebih dari 190 bahasa. Versi berbayar menyediakan pemeriksa tidak terbatas, tidak seperti layanan gratis yang membatasi pengguna hingga maksimum 3 pemindaian sehari.

Buka: http://www.plagiarisma.net

5. PlagTracker

Perangkat lunak gratis ini menawarkan pemeriksaan jumlah kata tak terbatas dan menyediakan laporan terperinci tentang pekerjaan yang dipindai, yang kemudian dikirim melalui email. Namun, pemeriksa plagiarisme ini memiliki beberapa keterbatasan. Hasilnya dapat ditingkatkan dengan menggunakan alat tambahan seperti IThenticate, yang hanya gratis untuk 1000 kata dan apa pun di luar itu harus dibayar.

Buka: http://www.plagtracker.com

6. Plagium

Ini adalah alat pendeteksi plagiat gratis yang hebat karena memeriksa bahkan situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Ini cepat dan efisien dan hasilnya hampir seketika. Dianjurkan untuk memilih layanan berbayar karena beberapa layanan seperti pengunduhan file tidak tersedia untuk pengguna gratis.

Buka: https://plagium.com

7. CopyLeaks

Ini adalah cara mudah dan nyaman untuk memindai seluruh situs web. Ini mendukung berbagai format file dan beberapa bahasa. Ini agak membatasi karena hanya memindai konten online. Ini memiliki opsi aplikasi Android dan tersedia dalam beberapa bahasa.

Layanan untuk pengguna gratis dibatasi hingga 10 halaman dalam sebulan dan hanya 250 kata per halaman. Untuk pengguna yang lebih berat, ada berbagai layanan premium untuk dipilih. CopyLeaks diharapkan untuk akhirnya menjadi layanan berbayar, yang berarti bahwa suatu saat akan tiba ketika itu tidak lagi tersedia secara gratis.

Buka: https://copyleaks.com

8. Plagscan

Alat deteksi plagiat ini tidak hanya memeriksa konten online tetapi juga basis data internal. Ini memungkinkan untuk mengunggah banyak dokumen. Seseorang tidak perlu menginstal apa pun di komputer karena semua yang diperlukan adalah browser Internet dan koneksi Internet.

Buka: https://www.plagscan.com

9. Unplug Checker

Unplug checker adalah pemeriksa plagiarisme real-time canggih yang memberikan hasil instan. Layanan ini menawarkan pemeriksaan gratis terbatas hingga 500 kata.

Buka: https://unplag.com

Setiap alat deteksi plagiat memiliki beberapa fitur unik. Ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada berbagai pilihan untuk dipilih tergantung pada kebutuhan seseorang. Dianjurkan untuk memeriksa alat deteksi plagiat yang berbeda sebelum menetapkan pilihan.

TINJAUAN IKHTISAR
Manfaat
Kualitas
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here