Tips Mengerjakan Soal TPA dengan Mudah

0
177
views
tes soal tpa

Anaogi.com – Tips mengerjakan soal TPA tes potensi akademik untuk SBMPTN, Seleksi CPNS, Ujian saring masuk kuliah S1, S2, S3, dan promosi kenaikan pangkat dengan mudah dan cepat. Perlu strategi khusus untuk bisa meraih skor TPA yang diinginkan. Berikut tips khusus untuk menghadapi tes potensi akademik.

Memperdalam pemahaman materi dasar

Untuk sebulan, dua bulan atau jauh hari sebelum ujian tes TPA OTOBAPPENAS, anda perlu memperdalam pemahaman tentang matematika dasar dan trik berhitung cepat, lakukan latihan soal dan pahami langkah per langkah bagaimana cara mengerjakannya. Selanjutnya, seminggu menjelang ujian, cukup pertajam kemampuan logika anda dengan banyak mengerjakan soal dengan cara-cara cerdik.

Mempersiapkan diri menghadapi ujian

Sehari sebelum ujian, Stop semua aktivitas belajar. Lakukan aktivitas-aktivitas yang santai dan tidak melelahkan fisik maupun fikiran.

Baca Lebih Lanjut: Cara menghitung skor tes TPA OTO BAPPENAS

Menghadapi soal TPA

Saat anda mengerjakan soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan konsentrasi penuh, tapi rileks, tidak tegang serta tidak panik. Pada saat tes, isilah data diri dengan lengkap dan rapi, kode soal dan kode pendaftaran anda janan sampai salah. Untuk mencapai skor yang baik, anda harus bisa mengerjakan soal dalam waktu 30 detik/soal untuk soal kemampuan verbal dan 60 detik/soal untuk soal penalaran dan soal tes numerik. Jangan fokus untuk mengerjakan sampai selesai, tetapi fokuslah untuk menemukan jawaban secepat mungkin.

Dalam tes TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus matematika yang rumit. Oleh sebab itu, yang diperlukan adalah logika berfikir cerdik, anda tak perlu menghafal berbagai macam rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA.

Untuk tes kemampuan numerik, latihlah kemampuan anda dalam berhitung cepat. Materi yang muncul biasanya tidak jauh dari operasi aljabar sederhana, perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, desimal, perbandingan dan lain-lain. Mirip pelajaran matematika SD dan SMP.

Selanjutnya tes logika, logikanya jika “semua” adalah “tidak ada satu pun”, “sementara” dan “beberapa” adalah “tidak semua”. Lawan makna dari “semua” adalah “ada atau beberapa” dan lawan “ada atau beberapa adalah “semua”Untuk soal tes kemampuan verbal maupun bacaan, sering-seringlah baca kolom di koran. Soal bacaan/wacana kebanyakan diambil dari sana. Dalam soal pemahaman wacana, baca dulu soalnya baru ke bacaan. Cukup baca secara skimming (baca cepat) sembari mencari jawaban yang ditanyakan dalam soal.

Baca Lebih Lanjut: Mengenal Apa Itu Tes TPA OTO BAPPENAS?

Jangan berfikir untuk bisa mengerjakan seluruh soal TPA dengan benar. Jika perlu, jangan jawab soal dari depan, soal-soal di depan biasanya sulit-sulit, jadi akan membuat waktu banyak terbuang. Sediakan waktu sekitar 5 menit untuk memeriksa jawaban anda kembali. Jika masih ada yang kosong, cukup jawab asal saja, toh dalam tes TPA tidak ada nilai minus. Demikian tips mengerjakan soal TPA dengan mudah dan cepat untuk mencapai skor yang tinggi.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here