Hanya Butuh 4 Plugin Wajib Untuk Website WordPress

0
140
hanya butuh 4 plugin wajib di instal di website wordpress

AnaOgi – Plugin adalah program tambahan website yang membantu memaksimalkan kinerja suatu blog web. Khusus pengguna wordpress, Jika asal insta akan membuat bingung memilih plugin wajib untuk website. Sebab ada sangat banyak di directory plugin yang tersedia dan siap untuk di instal. Padahal, untuk mendapatkan kinerja web yang baik dan tampilan tidak neko-neko, Anda hanya butuh memasang 4 jenis plugin saja.

4 Plugin Wajib di Instal Untuk Website WordPress

Agar sebuah situs web wordpress bekerja optimal, terlindung, loading cepat, dan mempunyai SEO mumpuni, dibutuhkan plugin yang mewakili dari kinerja tadi. Jika Anda bagian dari pembaca artikel Cara membuat blog yang menghasilkan uang, maka ini langkah yang tepat untuk blog baru Anda. Berikut ini saya jabarkan apa saja plugin wajib untuk website wordpress.

1. Plugin keamanan website: Wordfence

Plugin ini melindungi blog web dari berbagai serangan berbahaya seperti hacking, deface, bruto force, dan sebagainya. Proses pemindaian Wordfence memberi laporan tercepat ketika situs ada penyusup. Anda akan mendapatkan secara langsung alamat ip visitor Anda, termasuk lokasinya.

Plugin keamanan ini menyediakan layanan premium dengan fitur yang luar biasa. Namun jangan berkecil hati, sebab tersedia juga versi gratis (ini yang saya pakai). Mengenai tingkat kepercayaannya bagaimana? bukan hal yang patut diwaspadai, sebab plugin wordfence telah di instal pengguna wordpress >80 juta installer. Download tutorial dokumentasi untuk cara install.

2. Plugin SEO: Yoast

Plugin ini memberikan kemudahan bagi siapa saja yang belajar untuk menciptakan konten unik. Menggunakan Yoast akan memudahkan dalam memasukkan kata kunci, membuat struktur kontent tertata rapi, judul artikel yang tepat dan masih banyak keuntungan menggunakan yoast lainnya.

Alasan kenapa plugin yoast wajib diinstal di website selain diatas adalah plugin ini di update setiap 2 minggu untuk mengikuti algoritma google. Memiliki yoast berarti Anda sudah mengantongi cara merayu google agar membuat artikel jadi prioritas. Sampai saat ini jumlah installer >40 juta website. buka tutorial instal untuk mengatur yoast Anda.

3. Plugin mempercepat loading blog: W3 Total Cache

Ini adalah plugin caching yang berperan meningkatkan kinerja sumber daya html, javascript, CSS dan lainnya. Dengan defenisi sederhana membuat website cepat loading dengan simpel. W3 Total cache bekerja meminimalkan kode dan database saat seseorang mengakses web Anda. Jika hal ini terjadi, jumlah visitor akan meningkat sebab tidak mengalami hambatan dalam hal memuat halaman Anda.

Kepopuleran plugin ini bukan hal yang harus diragukan, sebab sudah berhasil di instal lebih dari 1 juta pengguna. Fitur terbaik akan ditemukan pada versi premium, namun versi gratis tidak kalah bagusnya. Baca cara instalasi untuk mengaturnya.

4. Plugin multifungsi: Jetpack

Desain, marketing digital content, statistik website, dan fitur keamanan website akan ditemukan pada plugin Jetpack. Fungsi yang paling menarik bagi saya adalah proses publikasi otomatis ke situs sosial media seperti facebook, dan penayangan pengunjung web setiap saat.

Ada fitur lain yang membuat Anda harus menginstal plugin jetpack, yaitu laporan saat situs kita sedang down. Sehingga kita bisa memperbaiki dengan cepat masalah tersebut sebelum muncul kerugian lain. Lihat cara install jetpack untuk memulai pengaturan.

Memang sulit menentukan plugin saat masih awal membuat blog, sebab akan dibingungkan dengan banyaknya plugin di directory. Atas saran saya, hanya butuh 4 plugin wajib di install di blog wordress diatas. Selebihnya bisa Anda tambahkan saat sudah mahir dan memahami lebih banyak tentang wordpress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here