Kupas Semua Perbedaan TOEFL dan IELTS

0
30
views
perbedaan toefl dan ielts

AnaOgi.com – Sudah diketahui bahwa TOEFL dan IELTS merupakan standar pengakuan kompetensi bahasa inggris untuk orang yang mempunyai bahasa ibu bukan bahasa inggris. Namun, perlu kita ketahui apa perbedaan TOEFL dan IELTS, mana yang lebih sulit, bagaimana bentuk soal tesnya, dan perbedaan lainnya. Berikut ini penjelasan apa yang membedakan antara tes toefl dengan tes ielts.

TOEFL

Test of English as a Foreign Language adalah kepanjangan dari TOEFL, yaitu sistem pengujian bahasa inggris dengan aksen atau logat mengacu ke amerika. Terdapat 2 jenis dari model ini yaitu TOEFL ITP atau institutional Testing Program yaitu program toefl yang ditujukan pada penggunaan institusi dan umumnya berlaku untuk wilayah Asia. Kemudian TOEFL iBT atau internet Based Test yaitu jenis toefl menggunakan pengujian melalui internet yang direkam langsung pada saat ujian.

Pelaksanaan TOEFL ITP terdiri dari 3 section dengan jenis soal yang berbeda-beda. Sesi tersebut adalah Listening comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Metode pengerjaan soal toefl ini dilakukan di kertas secara pilihan ganda. Nilai yang dapat diperoleh mulai dari 310 – 600 atau bahkan lebih.

Untuk TOEFL iBT sedikit lebih sulit dibandingkan ITP, dimana iBT mempunyai 4 section yaitu Listening, Structure and written, reading, dan Speaking. Pengerjaan soal melalui internet secara langsung dengan nilai maksimum adalah 120. Memperoleh nilai diatas 80 merupakan titik aman dan sudah memenuhi syarat di banyak lembaga.

IELTS

International English Language Test System adalah kepanjangan dari IELTS. Tes ini sama halnya dengan toefl namun lebih difokuskan pada dialeg atau logat british atau inggris. IELTS mengarah pada wilayah eropa dan australia termasuk selandia baru. Umumnya tes ini dilaksanakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia.

Sistem pemberian nilai pada ielts yaitu 0-9 dengan model soal adalah essay atau tulis tangan. sesi terdiri dari 4 bagian yaitu Listening, structure, reading, dan speaking. Pada speaking section, peserta akan langsung berhadapan dengan penguji (examiner) untuk diuji kemampuan berbicara.

Lihat juga: manfaat toefl untuk mahasiswa dan karir

Perbedaan TOEFL dan IELTS secara spesifik

Terdapat perbedaan spesifik atau plus minus antara IELTS dan TOEFL, sehingga perlu mengetahui masing-masing yang membedakan agar dikemudian hari tidak terdapat kesalahan.

Berdasarkan Universitas

Tidak semua universitas menerima sertifikat toefl sebagai pengakuan kompetensi bahasa inggris seseorang. Di wilayah amerika maupun kanada dan Asia, umumnya toefl dapat digunakan meskipun IELTS juga dapat diterima. Namun untuk universitas yang berlokasi di Eropa, syarat yang harus dipenuhi adalah sertifikat IELTS.

Biaya Tes

Biaya untuk mengikuti tes toefl lebih murah dibandingkan ielts. TOEFL ITP dapat dapat diikuti dengan biaya sekitar 700.000 hingga 1.500.000. Namun biaya tes IELTS berkisar 2.200.000

Pelaksanaan

TOEFL dilaksanakan melalui paper atau kertas (ITP) dan melalui tes toefl online untuk iBT dengan soal yaitu pilihan ganda. namun pada IELTS, seluruh soal menggunakan essai tulis tangan dan rekaman untuk speaking melalui tes langsung di hadapan native speaker (orang bule)

Tingkat Kesulitan

Jika ditanya yang mana lebih mudah dikerjakan antara tes TOEFL atau tes IELTS. Jawabannya adalah sama-sama sulit. Namun jika kita melihat jenis soal yang ada, TOEFL akan sedikit lebih mudah sebab jawaban sudah tertera di lembar jawaban sebab jenis soalnya adalah pilihan ganda. Pendapat ini hanyalah bersifat subjektif sehingga sebagian pun mengatakan IELTS lebih mudah.

Buka soal tesnya: Download soal toefl dan kunci jawaban

Durasi

Lama pelaksanaan tes toefl dapat berlangsung selama 4 jam dibagi dalam 3 – 4 section. sedangkan test IELTS hanya berlangsung selama maksimal 3 jam.

Setelah AnaOgi.com mengupas tuntas perbedaan TOEFL dan IELTS, sekarang giliran anda untuk menentukan pilihan untuk mengambil jenis tes mana yang akan anda pilih. Harapan kami, semoga tes yang anda jalani dapat berlangsung dengan baik dan diberi kemudahan serta memperoleh skor yang setinggi-tingginya.

Coba: Latihan soal toefl

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*