Jenis Peluang Bisnis Usaha Potensial di Pedesaan

Jenis Peluang Bisnis Usaha Potensial di Desa. Siapa saja dapat membuka bisnis usaha, asalkan ada kemauan untuk memulai bisnis tersebut. Memulai bisnis haruslah mempunyai lokasi. Dan bagaimana membuka bisnis usaha di pedesaan? Apakah peluang usaha di desa mempunyai prospek yang bagus? Berikut ini beberapa contoh bisnis usaha yang dapat dijalankan bagi anda yang mempunyai lahan kosong di perkampungan.

Usaha Peternakan

Tinggal di daerah perkampungan memang mempunyai banyak sisi positif, meskipun nilai tanah yang lebih rendah dibandingkan perkotaan, namun tanah di pedesaan tergolong luas. Sehingga usaha peternakan di desa merupakan ide yang sangat potensial untuk dikembangkan. Memulai bisnis di perkampungan dengan berternak tidak mempunyai kendala besar, sebab lingkungan yang mendukung membuat hewan ternak tidak mudah mengalami stress.
Peternakan yang dapat dikelolah antara lain:

  • Ternak Sapi
  • Ternak Kambing
  • Bididaya ikan (lele, mujair, emas, dan sebagainya)
  • Ternak ayam
  • Ternak puyuh

Buka lebih lanjut: Peluang bisnis usaha peternakan di desa

Selain dari sisi kondisi lingkungan yang mendukung untuk faktor psikis hewan, daerah pedesaan juga mempunyai sumber pakan yang sangat melimpah. Rumput yang tersebar dimana-mana membuat biaya pakan dapat ditekan sehingga hasil atau keuntungan yang diperoleh bisa lebih tinggi.

Bisnis Usaha Pertanian dan perkebunan

Kebutuhan bahan pokok seperti beras, cabai, tomat, wortel, dan sayur lainnya setiap tahun mengalami peningkatan. Dengan adanya trend ini, anda yang mempunyai lokasi di pedesaan mempunyai kesempatan yang sangat besar dalam mengambil bagian dari trend tersebut. Bertani pada masa sekarang tidaklah sesulit zaman dulu. Pada era modern ini kita sudah disediakan peralatan canggih, informasi yang tersedia setiap saat melalui internet, jaringan pemasaran yang mudah dijangkau, dan sisi positif lainnya yang mampu mendukung kesuksesan dalam usaha perkebunan dan pertanian. Keuntungan yang diperoleh dari usaha perkebunan tidaklah sedikit. Dalam 1 kurung waktu panen (3-5 bulan) seseorang mampu meraup puluhan juta melalui budidaya.

Buka lebih lanjut: Peluang bisnis usaha budidaya perkebunan

Usaha Budidaya tanaman herbal

Back to nature, merupakan slogan yang tiap tahunnya semakin banyak yang menggunakan membuat bididaya tanaman herbal patut direkomendasikan sebagai lahan pekerjaan baru. Harga herbal yang tidak murah, beserta suplier yang jelas seperti sido muncul membuat usaha ini bisa menjadi sumber pundi-pundi rejeki. Dengan mempunyai lahan 1.000 m2, anda sudah dapat menanam berbagai macam tanaman herbal mulai dari kunyit, temulawak, adas, kumis kucing, rosella, ciplukan, dan tanaman herbal lainnya dalam jumlah banyak.

Usaha kuliner

Siapapun pasti membutuhkan makanan, termasuk masyarakat pedesaan. Meskipun gaya hidup di desa tidak serba instan, namun tidak sedikit masyarakat pedesaan yang mempunyai tingkat kesibukan yang tinggi. Sehingga kebutuhan makanan mereka membutuhkan makanan instan. Melihat peluang ini, membuka usaha kuliner di desa bisa menjadi pilihan tepat. Selain bahan makanan yang mudah diperoleh, persaingan yang ada pun tergolong rendah. Anda juga dapat membuat makanan kemasan seperti:

  • Kripik pisang
  • Kripik ubi
  • Usaha sambal
  • Usaha kue
  • Bisnis ice cream
  • Dan sebagainya

Budidaya tanaman hias

Lahan yang tersedia di pedesaan sangat mendukung untuk memulai bisnis usaha budidaya tanaman hias. Disamping itu, kondisi iklim yang sangat mendukung disertai sumber air yang mudah diperoleh membuat jenis usaha ini sangat layak untuk dikembangkan. Harga tanaman hias tidaklah murah, sehingga prospek untuk memperoleh keuntungan yang besar semakin mudah didapatkan

Demikian jenis bisnis usaha yang dapat dikembangkan di daerah pedesaan bagi anda yang mempunyai lahan kosong yang tidak terpakai. Dengan adanya ide-ide cemerlang didukung kemauan dan kerja keras untuk memulai sesuatu, maka kesuksesan akan semakin dekat pada anda. Salam Bisnis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*