Cara Mengurus Penerbitan STNK Kendaraan yang Hilang

0
276
Cara mengurus penerbitan STNK yang hilang

Anaogi.com Prosedur kerja cara mengurus penerbitan penggantian STNK kendaraan mobil dan motor yang hilang. Memiliki kendaraan secara sah dimata hukum hendaknya mempunyai 2 dokumen penting yaitu STNK dan BPKB. Kedua dokumen tersebut sangatlah penting, dan jika diibaratkan, STNK setara dengan KTP, IMB, dan dokumen kepemilikan lainnya. Namun bagaimana ketika mengalami musibah seperti STNK hilang atau kecurian. Bagaimana mengurus STNK yang hilang? dokumen apasaja yang perlu dipersiapkan? dan pertanyaan lain seputar penerbitan STNK baru.

Ketika mendapatkan kejadian seperti pembahasan utama saat ini yaitu mengurus STNK hilang, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat surat kehilangan dengan mendatangi Polsek setempat. Datang melapor tidaklah cukup tanpa membawa dokumen pendukung. Oleh karena itu, penting untuk anda bawa dokumen berikut ini:

  • KTP anda dan pemilik kendaraan. dokumen ini dapat berupa Asli atau salinan
  • Surat pengantar dari kelurahan atau RT/RW tempat anda tinggal.

Sebelum membuat laporan kehilangan, sebaiknya ingat dan catatlah waktu kejadian hilangnya STNK motor/mobil anda yang beserta informasi lain seperti:

  • Hari dan tanggal serta jam kejadian
  • Tempat kejadian
  • Benda lain yang ikut hilang

Dokumen pendukung mengurus STNK hilang

Ketika dokumen surat kehilangan sudah diterbitkan oleh kepolisian setempat, maka mulailah melanjutkan kepengurusan dnegan menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  • Siapkan KTP pemilik kendaraan (asli ataupun fotokopi)
  • Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian
  • BPKB kendaraan
  • Nomor plat dan tahun keluaran kendaraan anda
  • Fotokopi STNK yang hilang (bisa ada maupun tidak)

Dokumen diatas merupakan data wajib yang harus anda bawa dalam mengurus STNK yang hilang. Langkah selanjutnya adalah memulai proses pengurusan dengan mendatangi kantor SAMSAT. Di kantor ini, kendaraan anda akan dilakukan pengecekan fisik termasuk nomor rangka dan mesin kendaraan. Pada tahap ini, anda tidak akan dibebankan biaya sama sekali alias gratis. Sebagai informasi tambahan, SAMSAT yang kependekan dari “Sistem Manunggal Satu Atap” merupakan kantor yang didalamnya terdiri dari 3 instansi yaitu Polri, Jasa Raharja, dan Dinas Pendapatan Daerah.

Baca lebih lanjut: Cara mencairkan uang santunan jasa raharja

Sementara dalam proses pengecekan fisik, anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Berkas yang anda bawa dapat dilampirkan kedalam formulir tersebut. Berkas dan formulir yang anda buat tadi diantarkan langsung ke ruang bagian loket Bea Balik Nama (BBN). Sampai pada tahap ini, anda sudah menyelesaikan persyaratan penerbitan STNK yang hilang, namun anda perlu membayar beberapa biaya.

Biaya Resmi Penerbitan STNK yang hilang

Dasar hukum biaya penerbitan STNK hilang dituangkan dalam PP no. 50 tahun 2010 untuk jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak polri. Adapun biaya penggantian STNK hilang adalah sebagai berikut:

  • Rp50.000 untuk Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum
  • Rp75.000 Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih
  • Gratis untuk Pengesahan STNK
  • Pelunasan Pajak kendaraan apabila anda mempunyai tunggakan pajak kendaraan. Yang dimaksud tunggakan disini adalah pajak perpanjangan STNK.

Prosedur kerja cara mengurus STNK hilang untuk motor dan mobil diatas dapat anda lakukan apabila dokumen seperti BPKB sudah anda miliki. Namun tidak sedikit pemilik kendaraan belum sah sepenuhnya terhadap kendaraan yang dimilikinya sehingga BPKB belum diterbitkan. Contoh kasus seperti ini adalah Motor yang sistem pembayarannya menggunakan kredit. Namun tidak perlu khawatir. Terdapat opsi tambahan dalam mengurus STNK hilang tanpa BPKB.

Mengurus STNK yang Hilang tanpa BPKB

Ketika kendaraan anda masih berstatus kredit, tentu anda belum mempunyai BPKB, sehingga dokumen tersebut harus anda perlihatkan. Cara mengatasi hal ini adalah dengan datang di dealer motor tempat anda membeli kendaraan dengan membawa seluruh surat keterangan diatas seperti surat kehilangan, KTP dan dokumen lainnya. Mintalah surat pengantar dari Dealer beserta foto copy BPKB.

Ketika sudah memiliki dokumen tersebut, lakukan proses legalisir foto copy BPKB di kantor polisi (biasanya di Polres). Hasil legalisir tersebut dapat diterima apabila anda dapat menunjukkan KTP sesuai nama didalam BPKB tersebut. Kemudian menuju ke kantor SAMSAT untuk mengurus penerbitan STNK mobil motor yang hilang dengan memperhatikan prosedur kerja yang pertama diatas.

Mendapatkan musibah seperti kehilangan STNK, BPKB, SIM dan dokumen lainnya memang tidak pernah direncanakan. Oleh karena itu, selalu jaga dengan baik dokumen penting anda dan selalu buat salinan untuk mengantisipasi pengurusan ketika terjadi kehilangan dokumen.

Baca lebih lanjut: Cara mengurus penerbitan BKPB kendaraan yang hilang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here