BPKB Hilang: Intip Cara Mengurus dengan Mudah

0
322
views
cara mengurus bpkb yang hilang

AnaOgi.com Cara mengurus BPKB yang hilang dengan mudah dan cepat tanpa biaya pungutan liar alias pungli. BPKB merupakan dokumen utama yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Apabila STNK hilang , BPKB dapat menjadi dokumen persyaratan dalam kepengurusannya. Namun bagaimana apabila BPKB hilang? bagaimana cara mengurus kehilangan BPKB sampai bisa diterbitkan BPKB pengganti? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Dokumen pendukung mengurus BPKB hilang

Untuk mengemat waktu dan tenaga dalam mengurus dokumen kendaraan yang hilang, maka sebaiknya siapkanlah dokumen pendukung untuk diperlihatkan ketika mulai mengurusnya. Berikut ini dokumen yang harus disiapkan:

  1. Formulir permohonan BPKB. Didalam formulir tersebut terdapat sejumlah data pribadi dan pendukung lainnya yang harus anda ini
  2. Identitas diri, dalam hal ini yang dimaksud adalah KTP anda sebagai pemilik kendaraan yang tercantum dalam BPKB tersebut. Anda juga dapat memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurusnya dengan memberikan surat kuasa yang ditandatangani diatas materai 6000.
  3. Surat ijin mengemudi (SIM)
  4. Foto copy dokumen nomor 2 dan 3.

Penerbitan surat keterangan kehilangan oleh kepolisian

Untuk memberikan jaminan hukum atas kehilangan dokumen kendaraan anda, maka dibutuhkan surat kehilangan yang diterbitkan oleh kepolisian setempat. dalam hal ini adalah Polsek atau polres di daerah anda. Dokumen yang harus anda siapkan antara lain:

  • Laporan kehilangan dari RT/RW setempat
  • Surat pengantar dari RT/RW atau kelurahan setempat
  • KTP pemilik BPKB dan foto copy
  • Surat pernyataan kehilangan BPKB yang ditanda tangani diatas materai 6000
  • STNK asli dan foto copy
  • Foto copy BPKB yang hilang. Namun jika tidak mengetahuinya, sebaiknya mintalah bantuan di polres untuk melacak nomor BPKB anda dengan menunjukkan surat kehilangan beserta STNK
  • Berita Acara Pemeriksaan dari Bagian Reserse Polri di polres/polsek setempat

Lihat lebih lanjut: Cara mengurus penerbitan STNK yang hilang

Cara mengurus BPKB hilang di kantor Samsat

Setelah anda siapkan dokumen pendukung dalam mengurus BPKB yang hilang, mulailah melanjutkan pengurusan di kantor Samsat dengan menunjukkan seluruh dokumen diatas. Adapun proses penerbitan BPKB pengganti di samsat sebagai berikut:

  • Melengkapi dokumen diatas dan mengisi formulir
  • Melakukan pemeriksaan fisik kendaraan
  • Penyerahan dokumen termasuk hasil cek fisik pada bagian loket BPKB
  • Melakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera pada faktur yang diterbitkan oleh samsat. Pembayaran biasanya dilakukan di Bank. Bukti pembayaran akan diberikan berupa formulir kuning.
  • Menuju loket BPKB dengan menunjukkan bukti pembayaran. Bagian loket akan menerbitkan dokumen baru sebagai tanda bahwa anda sudah menyerahkan berkas secara lengkap dan BPKB siap diterbitkan.
  • Pengambilan BPKB penganti yang dikeluarkan oleh Samsat. Penerbitan dokumen ini biasanya membutuhkan waktu antara 1 – 4 minggu. Kondisi tersebut bergantung pada banyaknya pengurusan BPKB yang dilayani setiap harinya di kantor tersebut.

Biaya Mengurus BPKB yang hilang

Apabila BPKB motor atau mobil hilang, berapa biaya untuk mengurusnya, mungkin itu pertanyaan yang paling banyak diajukan dalam kasus ini. Menerbitkan BPKB yang hilang tidak sama dengan membuat KTP atau dokumen lainnya yang tidak membutuhkan biaya. Terdapat biaya yang harus anda siapkan dalam hal ini. Biaya mengurus BPKB hilang mempunyai kekuatan hukum yaitu Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut:

  • Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3 Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000
  • Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000

Cara diatas sebenarnya cukup mudah dan cepat dibandingkan dengan menggunakan calo. Memberanikan diri anda untuk menyelesaikan permasalahan pribadi adalah cara yang tepat sehingga kedepannya praktek percaloan akan hilang.  Demikian pembahasan dari kami tentang cara mengurus BPKB yang hilang. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara mencairkan asuransi uang santunan jasa raharja

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here