Cara Membuat Konten Artikel Blog SEO Friendly Terbukti Top

0
219

Anaogi.com – Membuat konten blog SEO Friendly yang dioptimalkan untuk mesin pencari dan pengguna merupakan satu keterampilan dan tentunya dapat ditingkatkan dengan latihan. Terlepas dari apa yang dipikirkan banyak orang, ini bukan proses yang sulit. Ada beberapa langkah sederhana yang harus diikuti untuk memastikan bahwa semua yang Anda publikasikan di situs web atau blog Anda bersifat SEO friendly .

Hal-hal seperti judul postingan, struktur blog, format, judul dan paragraf sebenarnya mudah diperbaiki namun memainkan peran yang sangat penting dalam memperoleh rangking di google

Apa yang akan anda baca di postingan kali ini adalah trik membuat konten blog SEO friendly untuk mengoptimalkan SEO pada semua postingan blog.

10 Tips Menulis Konten Blog SEO Friendly

Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu postingan blog yang optimal, mari kita lihat bagaimana memastikan bahwa artikel blog yang kita buat sudah bersifat SEO friendly sebelum menekan tombol publish.

#1 Pikirkan sebelum mulai menulis konten blog

Setiap hari, saya membaca sejumlah artikel yang berkaitan dengan SEO dan pemasaran digital dari berbagai blog. Ketika saya menemukan judul atau topik yang menarik dan itu berekaitan dengan blog saya, saya salin URL dan judul ke catatan saya.

Pada awal setiap bulan saya membuat jadwal untuk menerbitkan artikel yang sumbernya bisa berasal dari blog lain, buku, penelitian dan sebagainya. Ketika tiba waktunya untuk menulis konten, saya mengambil topik dan melakukan analisis yang lebih rinci termasuk penelitian kata kunci. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait proses memulai tulisan blog SEO friendly, sebaiknya perhatikan intisari berikut ini:

  • Topik spesifik apa yang akan dibahas di posting blog?
  • Bagaimana posting baru akan menguntungkan pembaca saya?

#2. Buat struktur posting blog

Langkah selanjutnya adalah menuliskan struktur postingan blog anda. Dengan struktur kita maksudkan untuk menentukan bagian-bagian yang berbeda dari pos. Memisahkan postingan blog ke berbagai bagian, bisa membuat tulisan menjadi lebih mudah.

Ini sangat berguna bila Anda tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan posting dalam sekali duduk. Begitu Anda memiliki struktur yang siap, Anda dapat mengerjakan bagian-bagian yang berbeda secara independen satu sama lain tanpa memerlukan banyak waktu untuk membangkitkan kembali fokus Anda dan mengatur pikiran Anda.

Misalnya, sebelum menulis posting blog yang sedang Anda baca sekarang, saya membuat struktur yang terlihat seperti ini:

struktur-konten-blog-seo-friendly

Secara umum, sebuah posting blog harus memiliki pendahuluan, bagian utama dan kesimpulan (mirip dengan penulisan esai). Bagian utama, kemudian bisa dipecah menjadi beberapa bagian. Lihatlah struktur tulisan ini lagi dan gulir ke atas dan ke bawah halaman untuk melihat hasil akhirnya.

#3 Membuat Judul Postingan dan URL SEO Friendly

Langkah selanjutnya adalah membuat judul postingan blog dan URL anda. Saya tahu bahwa beberapa blogger lebih memilih untuk melakukan langkah ini terlebih dahulu dan kemudian membuat struktur blog, namun saya merasa lebih mudah untuk mendapatkan judul setelah struktur artikel selesai saya buat.

Menulis judul yang bagus dan menarik, merupakan langkah yang sangat penting untuk tujuan SEO dan keramahan pengguna.

Judul artikel yang bagus harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki panjang karakter antara 55-60 sehingga ditampilkan tanpa jeda di SERPs.
  • Didalamnya termasuk kata kunci target Anda
  • Harus secara akurat menggambarkan isi posting blog
  • Sangat menarik untuk membuat pengguna mengklik entri Anda saat ditampilkan di halaman hasil search engine.

Ketika sampai pada URL, aturannya cukup sederhana. Anda dapat mengaturnya dengan petunjuk berikut ini:

  • Gunakan tanda “-” untuk memisahkan kata di URL
  • Pertimbangkan untuk membuat URL Anda lebih pendek dengan menghapus kata-kata yang tidak perlu

Misalnya, URL default untuk posting blog ini adalah /cara-membuat-konten-artikel-blog-seo-friendly-terbukti-top/. Namun saya telah mengoptimalkannya dengan mengubahnya menjadi /membuat-konten-blog-seo-friendly/.

#4 Gunakan judul dengan benar

Sebuah postingan blog yang dioptimalkan dengan baik, mengikuti peraturan ini saat membahas judul:

  • Hanya ada satu tag h1 pada halaman – Ini biasanya sama dengan <title> tulisan, meski tidak harus sama.
  • Gunakan judul dalam mode hierarkis: Judul posting adalah tag h1 dan kemudian bagian utama harus memiliki h2 dan subbagian h3. Jadi, urutan tag harus H1-> H2-> H3.

Perhatikan gambar berikut ini:

struktur heading blog seo friendly

Alasan bahwa konten Anda harus diatur dalam cara struktural ini sederhana: Ini membantu spider mesin telusur selama proses perayapan dan membuat entri blog lebih mudah dibaca (dan dipindai) untuk pengguna. Untuk memahami lebih banyak tentang struktur blog SEO friendly, Anda dapat membaca artikel berikut ini: Merancang struktur tampilan blog SEO friendly

#5 Buat Paragraf Menjadi Singkat

Jangan hanya melalui paragraf besar di halaman kemudian menekan tombol publikasikan. Sebaiknya pertimbangkan untuk membuat paragraf yang singkat. Cukup 3 kalimat dalam satu paragraf akan memudahkan pembaca lebih memahami isi konten anda.

Ada kemungkinan bagus bahwa sebagian besar pembaca Anda ada di seluler sehingga memudahkan mereka membaca konten. Manfaatkan berbagai opsi pemformatan yaitu huruf tebal, miring, garis bawah untuk membuat teks kurang membosankan.

#6 Tambahkan link Navigasi ke Artikel lain

Kapan pun Anda menulis artikel baru, cobalah untuk mengaitkannya dengan posting blog yang telah diterbitkan di blog Anda, dengan menambahkan tautan internal. Penautan internal adalah teknik SEO yang sangat efektif dan mudah diikuti yang memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:

  • Membantu mesin pencari menemukan halaman baru di situs Anda
  • Cara lain untuk memberi mesin telusur petunjuk besar tentang halaman yang ditautkan
  • Cara yang bagus untuk memberi pengguna opsi untuk mengeklik tautan dan membaca lebih banyak tentang sebuah topik.
  • Teknik yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi rasio pentalan dan menjaga pengguna di situs web Anda lebih banyak waktu.

Membuat internal link situs sangat mengambil peran dalam penilaian ranking di search engine, sehingga sangat disarankan untuk melakukan kegiatan ini. Untuk memahami lebih jelas, silahkan buka: Praktek SEO Terbaik untuk Membangun Internal Link Situs

#7 Gunakan kata kunci

Dengan kata kunci target utama dan cadangan di postingan blog Anda tidak akan membuat Anda bermasalah, sebenarnya Anda dianjurkan melakukannya. Di mana Anda harus menambahkan kata kunci? Saya mendapatkan banyak pertanyaan ini dan jawabannya sederhana saja:

  • Dalam judul postingan
  • Di pos utama pos Anda
  • Di dalam isi pos
  • Pada akhir artikel

#8 Optimalkan panjang artikel blog

Studi telah menunjukkan bahwa posting yang lebih lama berkinerja lebih baik dalam pencarian dan cenderung menerima lebih banyak suka dan menyebutkan di media sosial.

Meskipun ini benar, bukan berarti pos yang lebih pendek tidak akan berprestasi. Yang lebih penting adalah kualitas isi dan bukan kuantitasnya. Anda harus mengerti bahwa saat menulis artikel SEO friendly untuk blog dengan topik tertentu, pada intinya Anda bersaing dengan ratusan pos lainnya yang sudah diterbitkan tentang topik yang sama.

Jangan berharap untuk mendapatkan hasil dengan segera, maka butuh waktu untuk rangking di Google jadi jangan hanya duduk di sana sambil menunggu mukjizat terjadi tapi mulai mengerjakan blog Anda selanjutnya.

#9 Optimalkan deskripsi meta

Deskripsi tag adalah ringkasan posting yang berisi kurang lebih 170 karakter. Google dapat memilih untuk menunjukkan deskripsi Anda dalam hasil sehingga harus informatif dan menarik untuk mendorong pengguna mengeklik tautan Anda dan mengunjungi blog Anda. Trik membuat deskripsi meta tag untuk blog dapat baca di artikel Trik Terbaik Membuat Meta Deskripsi Blog untuk Optimasi SEO.

#10 Optimalkan gambar dan elemen media lainnya

Gambar, grafik, infografis, video, statistik dan elemen media lainnya, membuat posting blog lebih menarik untuk dibaca dan meningkatkan kualitas konten. Meski Google telah memperjelas bahwa mereka belum bisa memahami konteks gambar atau video (saat merayapi sebuah halaman), namun banyak webmaster gagal mengikuti aturan pembuatan gambar mereka yang dioptimalkan SEO.

Yang dibutuhkan hanyalah menggunakan nama file yang berarti dan ALT TEXT yang ramah. Misalnya, jika Anda mempublikasikan gambar yang menunjukkan belajar SEO gratis. Maka jangan beri nama gambar sebagai Gambar1.jpg tapi ganti namanya menjadi sesuatu yang lebih berarti yaitu belajar-seo-gratis.jpg.

Kesimpulan

Sebelum memulai posting baru, luangkan waktu untuk melakukan penelitian Anda dan jelaskan di benak Anda apa yang harus ditulis dan apa yang ingin Anda capai. Ikuti panduan yang dijelaskan di atas untuk menulis konten blog SEO friendly dan jika Anda memiliki postingan blog yang ada yang tidak dioptimalkan, berikan beberapa waktu untuk kembali dan melakukan perubahan yang diperlukan.

Jika Anda belajar sekarang bagaimana melakukan SEO , jangan kehilangan harapan Anda, berakibat pada bulan-bulan pertama mungkin tidak begitu bagus namun tetap mempublikasikan konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan dan lalu lintas pada akhirnya akan masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here