Praktek SEO Terbaik untuk Membangun Internal Link Situs

0
259
membuat struktur internal link untuk praktek seo terbaik

Membangun internal link di situs blog sebagai praktek SEO cara terbaik untuk mendapatkan pondasi struktur website yang kuat dan terpercaya dimata Search Engine. Internal link atau penautan internal sangat penting untuk menentukan kualitas dari konten suatu website.

Bukan hanya untuk SEO tapi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Praktik terbaik untuk menghubungkan setiap artikel melalui tautan yang mengarah ke halaman dalam situs web harus memberi nilai bagi pengguna. Selain itu juga membantu mesin pencari menemukan lebih banyak halaman dari situs web tersebut.

Apa itu Internal Link?

Sebuah halaman web dapat memiliki  dua jenis link atau tautan. Jenis pertama adalah apa yang kita sebut Eksternal link dan ini adalah tautan yang mengarah ke halaman di luar situs web. Sebagai contoh Ketika menekan link Apoteker, maka Anda akan diarahkan ke situs kesehatan terpercaya Apoteker Anda. Jenis kedua adalah internal link yang akan dibahas secara rinci pada artikel ini.

Fungsi Internal Link dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna situs Anda serta manfaat lain seperti:

  • Navigasi situs menjadi lebih mudah
  • Kaitkan halaman situs yang sama secara bersamaan
  • Membantu search engine menemukan halaman penting sebuah situs web

Praktek Penempatan Struktur Internal Link SEO yang Benar

Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana penempatan struktur internal link dan mempelajari SEO pada situs agar mendapat nilai plus pada search engine, berikut gambarnya.

struktur internal link yang baik
Struktur internal Link Via Reliablesoft

Seperti yang dapat Anda lihat pada diagram di atas, homepage terhubung ke halaman terpenting situs web dan kemudian setiap halaman terhubung ke halaman lain yang membuat web kecil. Cara kerja mesin telusur adalah selama proses perayapan dan pengindeksan mereka mulai merayapi situs web dari beranda dan kemudian mengikuti tautan untuk menemukan dan mengindeks lebih banyak laman dari situs web yang sama.

Tautan internal banyak membantu mereka selama proses ini dengan mengarahkan pin ke perayap halaman mana yang penting bagi situs ini. Jika Anda melihat bagian penautan internal yang buruk dari diagram (di sebelah kanan), setelah mesin pencari sampai di beranda, mereka akan mengakses Page A, lalu pergi.

Tugas Anda untuk meningkatkan SEO blog adalah membuat struktur situs yang ramah dan membangun internal link untuk membimbing mesin pencari dan pengguna ke halaman paling berharga di situs Anda.

Alasan lain mengapa membangun internal link sangat penting adalah distribusi page rank dari satu halaman ke halaman lainnya. Hal ini meningkatkan peringkat halaman internal dan membuatnya lebih mudah ditemukan di search engine.

Internal link dan SEO

Google dan Bing memiliki panduan spesifik tentang bagaimana memanfaatkan dan membangun internal link. Tapi sebelum itu, penting untuk memahami empat konsep utama yang terkait dengan penautan internal dan SEO.

  1. Tidak semua link internal sama. Agar link internal memiliki nilai nyata, maka harus berada di badan halaman atau postingan. Tautan internal di sidebar, footer atau di luar bodi halaman tidak memberi banyak nilai.
  2. Praktik umum untuk menautkan dari halaman baru ke halaman lama tapi untuk hasil terbaik, Anda juga harus melakukan hal yang sebaliknya. yaitu halaman lama – baru.
  3. Gunakan tautan internal untuk melewati peringkat halaman dari halaman Anda yang kuat ke halaman lain di situs Anda. Misalnya, jika halaman di situs Anda memiliki banyak tautan balik, maka edit halaman itu dan tambahkan tautan internal ke halaman lain di situs Anda. Tentu saja, tautan harus mengarah ke halaman terkait dan dimasukkan secara alami ke konten.
  4. Anda bisa dengan aman menggunakan kata kunci dalam anchor text untuk tautan internal. Ini adalah praktik umum dan ini tidak bertentangan dengan pedoman apapun.

Rekomendasi Google tentang Tautan Internal

Mari kita lihat apa saja pedoman Google untuk menghubungkan internal.

Matt Cutts yang merupakan mantan Head of Google Quality Team memastikan bahwa tautan internal diperlakukan secara berbeda dari tautan eksternal dan asalkan Anda tidak melakukan pembesar-pembesar (misalnya memiliki lebih dari 100 tautan per halaman), Pada praktek ini Anda perlu khawatir melanggar pedoman webmaster Google.

Penjelasan singkat eksternal link

Internal link sudah dapat dipahami dengan baik, namun terdapat juga struktur disebut eksternal link yang tentunya berbeda dengan Internal link.

Apa itu eksternal link? Tautan ini mengarah ke laman di luar situs web Anda yaitu di domain yang berbeda. Peran tautan eksternal berbeda dari tautan internal dan jika Anda tidak menggunakan tautan eksternal dengan bijak, Anda mungkin mendapat masalah.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang tautan eksternal di SEO Off Page, namun beberapa praktik terbaik untuk penggunaan tautan eksternal adalah:

  • Link keluar saat itu mutlak diperlukan
  • Cobalah untuk tidak memiliki lebih dari beberapa tautan eksternal per halaman
  • Tautkan hanya bila memberi nilai pada pembaca
  • Tautkan hanya ke situs web yang Anda percaya
  • Tautkan hanya ke situs web yang memiliki konten unik dan asli
  • Tautkan ke situs web terkait saja
  • Jika Anda ingin meminimalkan risiko mendapatkan hukuman tautan, gunakan tag ‘nofollow’ untuk tautan eksternal (setidaknya untuk beberapa, tidak harus untuk semua)

Haruskah menggunakan internal link nofollow?

Tautan eksternal atau internal merupakan sinyal bahwa Anda mempercayai laman tersebut dan dikatakan bahwa hal itu akan melewati PageRank dari laman Anda ke laman penautan. Sudah diketahui selama bertahun-tahun terkadang Anda perlu menautkan ke halaman tertentu tapi terdapat alasan tertentu seperti:

  • Anda tidak yakin apakah itu terpercaya atau tidak
  • Tautan berada di luar kendali Anda (yaitu tautan di komentar, dll)
  • Anda ingin menempatkan iklan teks link di situs Anda tanpa ini dianggap sebagai link penjualan

Untuk menutupi celah ini, beberapa mesin pencari memperkenalkan atribut “nofollow”. Sehingga apabila Anda menambahkan ‘nofollow’ di tautan, maka hal tersebut menyampaikan mesin telusur agar tidak memperhitungkan tautan tertentu link terpercaya ke situs web yang terhubung.

Untuk melakukan penautan internal bersifat nofollow, sebaiknya perhatikan kriteria berikut:

  • Menunjuk ke halaman yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari (misalnya halaman di belakang halaman login)
  • Tautan menuju halaman yang tidak penting (misalnya jika Anda memiliki halaman bibliografi atau yang serupa dan Anda mereferensi halaman ini dari posting Anda,
  • Anda tidak dapat mengikuti link karena ini bukan sesuatu yang Anda ingin tersedia di Hasil Pencarian)
  • Laman tag

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Membangun struktur internal link sangat penting untuk SEO tapi tetap saja ini adalah salah satu area yang sering terjadi kesalahan ketika webmaster merayapinya. Mereka juga tidak menggunakan tautan internal atau memperlakukan mereka dengan cara yang sama seperti tautan eksternal yang merupakan pendekatan yang salah. Untuk memahami SEO dengan baik, silahkan mulai di artikel berikut: Belajar SEO sampai Mahir

Jika Anda mengikuti praktik terbaik yang diuraikan di atas, tautan internal hanya dapat menguntungkan situs web dan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik dan menyenangkan. Pengguna yang berhasil mempraktekan cara memasang internal link yang benar akan memberikan pengalaman pengguna lebih lama di situs anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here