Mengenal Bentuk dan Jenis Karya Tulis Ilmiah di Dunia Pendidikan

0
112
views
Bentuk dan jenis karya tulis ilmiah

Anaogi.com – Mengenal jenis-jenis karya tulis ilmiah (KTI) yang paling sering digunakan dalam dunia pendidikan di seluruh dunia. Perkembangan ilmu pengetahuan setiap tahunnya semakin pesat sehingga terlahir berbagai cabang ilmu pengetahuan baru. Namun dari sekian banyaknya cabang ilmu pengetahuan, terdapat 3 induk ilmu pengetahuan.

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah

Tiga induk ilmu pengetahuan yang dimaksud adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu pengetahuan Sosial, serta Ilmu pengetahuan Humaniora. Jika mengacu pada bentuk penulisan ilmiah pada masing-masing cabang ilmu tersebut, maka cara atau gaya penulisan dari masing-masing berbeda. Berikut ini ciri-ciri karya tulis ilmiah berdasarkan Bentuk dan Jenisnya.

Karya Tulis Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam

Natural Science atau ilmu pengetahuan alam terdiri dari beberapa cabang ilmu seperti biologi, kedokteran, fisika, dan lain-lain. Seorang peneliti yang menulis karya tulis ilmiah ini akan didasarkan fakta atau fenomena alam.

Ilmu pengetahuan alam dideskripsikan dengan sendirinya secara objektif dan dapat dibuktikan secara fisik, didengar, atau dilihat. Kebenaran dalam tulisan ilmiah ini bersifat sesuatu yang pasti dan tidak bersifat relatif.

Sebagai contoh, kondisi anemia pada ibu hamil disebabkan karena asupan makanan yang kurang zat besi. Ini merupakan fenomena yang dapat terjadi diseluruh dunia bagi siapa saja wanita hamil yang mengalami kekurangan zat besi akan mengalami anemia.

Karya Tulis Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengetahuan sosial dikaitkan dengan ilmu pendidikan, hukum, psikologi, dan sebagainya. Karangan ilmiah ii dituliskan berdasar pada fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Berbeda dengan Ilmu pengetahuan alam yang bersifat pasti, pada ilmu pengetahuan sosial bersifat relatif.

Sebab Hubungan antara manusia dalam kehidupannya dapat berbeda dan tidak pasti. Ini bisa terjadi akibat pengaruh adat, kebiasaan, dan perilaku kelompok masyarakat pada wilayah tertentu.

Karya Tulis Ilmiah Pengetahuan Humaniora

Pengetahuan humaniora banyak dikaitkan dengan ilmu filsafat, logika, sastra dan sebagainya.Ilmu lahir dari sebuah ungkapan persaan maupun logika. Sehingga gaya penulisan pada karangan ilmiah humaniora jarang didasarkan pada bukti empiris ataupun fenomena.

Bentuk-bentuk Karya Tulis Ilmiah

Pada penyusunan atau pembuatan karya tulis ilmiah dapat dituangkan dalam beberapa bentuk output seperti buku dan lainnya. Berikut ini adalah bentuk-bentuk karya tulis ilmiah yang banyak digunakan di dunia pendidikan.

Karangan Ilmiah berbentuk Buku

Teks Book adalah contoh umum dari karangan ilmiah bentuk buku. Ini diterbikan dan diedarkan melalui penerbit yang secara sah memiliki wewenang dan diatur dalam Undang-undang.

Sebuah buku yang telah diterbitkan jika ingin dikategorikan profesional harus memiliki ISBN international Standard Books Numbers. Disamping itu buku dapat diakui sebagai karya ilmiah apabila memenuhi persyaratan halaman yaitu sedikitnya 40 halaman isi. Ini tidak termasuk kata pengantar, daftar pustaka dan lainnya.

Karangan Ilmiah Hasil Penelitian

Sebuah hasil penelitian dapat disajikan dalam berbagai bentuk karya seperti:

  • Makalah. Umumnya makalah disajikan untuk memenuhi 2 kepentingan yaitu disajikan dalam seminar ilmiah atau simposium, dan dimuat dalam jurnal ilmiah
  • Buku. Hasil penelitian juga dapat diedarkan dalam bentuk buku dan dipublikasikan dengan nomor ISBN
  • Skripsi, Tesis, Disertasi adalah tugas akhir mahasiswa yang berkewajiban melakukan penelitian terkait ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dilaporkan dalam bentuk hasil penelitian.

Lihat lebih lanjut: Cara menyusun proposal skripsi dengan cepat

Karangan Ilmiah bentuk Makalah Hasil Pemikiran

Makalah hasil pemikiran biasanya mengangkat fenomena atau isu yang terjadi di masyarakat dan kemudian dianalisis penyebabnya. Selanjutnya akan dibahas untuk menemukan solusi dengan menggunakan pemikiran atau ide yang didukung teori para ahli.

Dengan mengenali bentuk dan jenis karya tulis ilmiah yang sering digunakan dalam dunia pendidikan, diharapkan setiap civitas akademik dapat menerapkan dengan baik dan mampu menemukan solusi pada setiap pokok masalah dalam kehidupan.

Sumber: Buku Metodologi Penelitian Kesehatan karangan Prof Dr. Soekidjo Notoatmodjo
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here