Prosedur Resmi Cara Mutasi Kendaraan Motor & Mobil

0
30
views
prosedur resmi cara mutasi kendaraan motor dan mobil dengan mudah

Anaogi.com – Prosedur resmi cara mutasi kendaraan motor dan mobil dalam kota dan luar provinsi disertai cara balik nama kendaraan. Memahami cara mengurus mutasi motor dan mobil memang sangatlah menguntungkan, khususnya dalam hal kepengurusan dan terbebas dari praktik percaloan. Namun bagaimana dengan anda yang masih awam dalam hal ini? Berkas apa saja yang dibutuhkan untuk mutasi kendaraan? Berapa biaya urus mutasi kendaraan secara resmi? berapa lama proses mutasi berlangsung? dan beberapa pertanyaan lainnya terkait mutasi mobil dan motor. Nah Pada kesempatan ini, kami akan memaparkan kepada anda prosedur resmi cara mutasi kendaraan bermotor dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan jasa calo.

Prosedur resmi cara mutasi kendaraan

Berkas yang harus dipersiapkan untuk mutasi kendaraan

Untuk memudahkan proses pengurusan ini, diwajibkan untuk anda sebagai pemilik kendaraan melengkapi berkas kebutuhan kendaraan anda. Oleh karena itu, sediakanlah berkas dibawah ini:

  • STNK Kendaraan asli dan foto copy disertai notice pajak
  • BPKB kendaraan asli dan foto copy
  • KTP asli pemilik kendaraan lama dan salinannya
  • KTP Asli pemilik kendaraan baru dan salinannya
  • Kuitansi pembelian motor bermaterai 6.000 dan salinannya

Setelah berkas tersebut sudah anda siapkan, mulailah melakukan pengurusan dengan mendatangi kantor Samsat di kota anda. Berikut ini tahap pengurusannya.

Cek Fisik Kendaraan yang akan dimutasi (area samsat asal)

Cek fisik kendaraan ini dilakukan di kantor samsat asal kendaraan anda dengan membawa kendaraan anda beserta kelengkapan dokumen diatas. Cek fisik ini bertujuan untuk mencocokkan nomor kendaraan dan nomor mesin dengan data yang ada di BPKB dan STNK kendaraan anda. Perlu diketahui bahwa Biaya cek fisik kendaraan adalah gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk ini.

Pelaporan dan Pengambilan Berkas

Proses pelaporan dilakukan di bagian pelayanan mutasi dengan cara mendatangi loket pendaftaran. Dokumen yang anda peroleh di bagian ini adalah formulir mutasi dan balik nama kendaraan. Berkas yang sudah anda bawa termasuk hasil cek fisik kendaraan diserahkan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan. Jika berkas sudah memenuhi syarat, lanjutkan dengan mengisi formulir yang telah diberikan. Umumnya biaya yang dikeluarkan pada bagian ini adalah Rp 75.000. Waktu pengambilan berkas akan ditentukan oleh petugas.

Ketika jadwal pengambilan berkas sudah tiba, datanglah kembali ke kantor samsat. Untuk memudahkan proses ini, penting untuk anda membawa bukti penyerahan dan pelunasan pembayaran mutasi dan balik nama kendaraan. Dengan nomor antrian yang anda miliki, tunggu sampai giliran anda. Ketika berkas sudah anda pegang, biasanya petugas samsat mengarahkan ke bagian fiskal untuk mengurus tahap selanjutnya. Biaya pengurusan pada bagian ini adalah Rp 10.000.

Baca lebih lanjut: cara mengurus STNK hilang

Prosedur mutasi kendaraan di daerah tujuan

Sampai pada tahap ini, proses pengurusan berkas kendaraan anda akan dilanjutkan di kantor samsat daerah tujuan anda. Untuk memulai tentu dengan mendatangi bagian loket kantor samsat. Ambillah formulir mutasi dan balik nama lalu isi berdasarkan data yang diminta. Berkas yang anda bawa diserahkan.

Cek fisik kendaraan di Samsat daerah tujuan

Sama halnya pengurusan mutasi di daerah asal motor atau mobil, anda juga dibutuhkan untuk memeriksa secara fisik kendaraan anda. Pada bagian ini tidak dipungut biaya. Anda cukup memperlihatkan berkas kendaraan yang anda pengang.

Penyerahan berkas dan Pembayaran Penerbitan BPKB & STNK

Formulir yang sudah anda isi diserahkan di bagian loket mutasi kemudian diteruskan ke bagian pembayaran apabila seluruh kelengkapan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. Pada bagian loket pembayaran STNK dan BPKB, anda akan dimintai sejumlah dana yang nominalnya tergantung dari jenis kendaraan anda. Untuk pajak kendaraan motor, STNK <Rp 300.000, dan Mobil > Rp 1.500.000 tergantung dari jenis kendaraan. Setelah melakukan pembayaran, petugas samsat akan memberikan nomor BPKB yang selanjutnya diperlihatkan ketika mendatangi polres untuk pengambilan BPKB.

Baca lebih lanjut: cara mengurus BPKB yang hilang

BPKB diterbitkan di kantor kepolisian di kota anda, dalam hal ini adalah polres. Datanglah dengan membawa nomor BPKB yang sudah diberikan beserta berkas pendukungnya. Biaya penerbitan BPKB baru akan membutuhkan dana sekitar Rp 300.000. Seluruh dokumen anda satukan lalu kembali ke samsat tujuan untuk menyelesaikan pengurusan anda.

 

Cara mengurus mutasi kendaraan bermotor dan mobil sangatlah mudah apabila kita memberanikan diri untuk mengurusnya. Dengan adanya akses informasi yang lebih mudah, maka kita bisa terbebas dari praktik calo. Selamat mengerjakan.!!

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*