Cara Menyusun Proposal Penelitian Skripsi Tercepat dan Benar

Cara menyusun proposal penelitian dan skripsi dalam waktu cepat dan Benar sebenarnya dapat dilakukan oleh setiap mahasiswa S1 yang sudah masuk masa penelitian. Ada banyak panduan yang dapat ditemukan di google mengenai tutorial membuat skripsi termasuk artikel ini. Meskipun skripsi sedikit menakutkan oleh beberapa mahasiswa. Namun percayalah, cara menyusun skripsi itu sangat menyenangkan.

Bagamana cara menyusun proposal penelitian S1?

Penyusunan proposal penelitian skripsi sampai selesai sebenarnya membutuhkan 2 – 3 tahap. tahapannya yaitu: penyusunan proposal yang hanya sampai pada metode penelitian, penyusunan hasil penelitian. yaitu kelanjutan dari proposal dengan menambahkan hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan. dan yang ketiga adalah penyempurnaan menjadi sebuah skripsi dengan menambahkan abstrak dan pendukung lainnya. seperti kata pengantar, daftar isi dan lampirannya.

Cara menulis proposal penelitian bab 1. Pendahuluan merupakan awal dari sebuah proposal penelitian yang berisi tentang fenomena, fakta, kejadian, permasalahan yang terjadi berdasarkan topik yang akan diteliti. Memulai penyusunan pendahuluan hendaknya mengacu pada sistem penulisan piramida terbalik. bagaimana piramida terbalik? yaitu dari area yang luas ke area yang sempit dan terfokus. sebagai contoh tentang topik skripsi kedokteran dan farmasi dengan topik pengaruh ekstrak biji kedelai terhadap penurunan kadar glukosa (ini penelitian saya dulu). berikut penjelasan piramida terbalik.

cara menyusun proposal penelitian skripsi yang benar

Panduan Cara menyusun proposal penelitian bab 1

paragraf pertama membahas tentang fenomena diabetes secara global dengan sumber yang terpercaya. pada penelitian kesehatan biasanya WHO merupakan acuan utama.

paragraf kedua tentang fenomena diabetes di indonesia dengan acuan Depkes dan sumber terpercaya lainnya. kedua paragraf ini hendaknya terkandung angka kejadian dan presentase diabetes.

Paragraf ketiga tentang pemanfaatan obat tradisional di indonesia dalam mengobati penyakit diabetes. paragraf ini belum terkandung tentang kedelai.

paragraf keempat membahas tentang pemanfaatan tanaman kedelai dalam mengobati penyakit beserta kandungan kimia didalamnya.

Paragraf kelima bahan kimia dalam tanaman yang diduga berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

paragraf keenam yaitu opini peneliti terkait semua bab diatas sehingga tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengujian biji kedelai dalam menurunkan kadar gula darah.

dari penjelasan paragraf diatas sudah mampu memberikan gambaran secara luas dan sudah melatar belakangi seluruh yang berkaitan dengan yang akan anda teliti. sehingga pertanyaan tentang alasan memilih penelitian tersebut dapat terjawab dengan baik.

Mengenai pembuatan rumusan masalah sebenarnya hanya membuat suatu pertanyaan terkait dengan judul penelitian seperti: apakah ekstrak kedelai berpengaruh pada penurunan kadar gula darah? dan berapa dosis efektifnya?. Tujuan penelitian pun hampir sama hanya membuat sebuah pernyataan seperti: untuk mengetahui pengaruh ekstrak kedelai dalam menurunkan kadar gula darah. dan untuk mengetahui dosis efektifnya.

Cara menyusun proposal penelitian bab 2

Cara menyusun proposal penelitian skripsi Bab 2 atau biasa disebut dengan kajian teori, tinjauan pustaka, landasan teori, merupakan sekumpulan teori yang berkaitan dengan penelitian. Masih mengacu pada judul diatas, landasan teori harus membahas teori tentang tanaman kedelai secara lengkap. Mulai dari morfologi sampai pemanfaatannya, proses ekstraksi, pembahasan lengkap tentang diabetes. Dan pembahasan kandungan kimia dari kedelai, obat obat yang biasa dipakai untuk penyakit diabetes serta hipotesis.

Hipotesis penelitian adalah jawaban sementara dari suatu penelitian. Umumnya hipotesis harus bersifat positif, yaitu ekstak kedelai berpengaruh pada penurunan kadar glukosa. Hipotesis juga dibuat dalam 2 opsi yang biasanya H1 yang berbunyi positif dan H0 yang berbunyi negatif.

cara menyusun skripsi yang benar untuk bab 3 metode penelitian

Bab 3 yaitu metode penelitian berisi tentang rangkaian kegiatan yang akan dilakukan ketika peneliti sudah memulai suatu penelitian. Metodelogi penelitian merupakan petunjuk cara kerja lengkap suatu penelitian. Didalamnya terdiri dari lokasi penelitian, alat dan bahan penelitian. Serta variable, kriteria populasi dan sampel, cara kerja sampai analisis data.

Dengan menulis skripsi sendiri, anda sudah terbebas dan tidak lagi memikirkan jasa pembuatan skripsi. Panduan tata cara menyusun proposal penelitian skripsi diatas dapat diterapkan pada seluruh topik. Seperti contoh proposal penelitian hukum, keperawatan, ekonomi, teknik, perikanan, sastra, pendidikan, pemerintahan dan sosial politik serta jurusan lainnya.

Suka menulis di blog? lihat: cara menulis artikel blog yang benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*