Terbukti 8 Cara Meningkatkan Kemampuan Writing Skill

0
209
cara meningkatkan kemampuan writing skill dalam bahasa inggris

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan writing skill dalam bahasa inggris?Apa saja kiat-kiat agar bisa meningkatkan kemampuan menulis untuk TOEFL dan IELTS? Ini adalah pertanyaan paling populer yang sering diajukan oleh mereka yang ingin meningkatkan writing skill.

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui apa itu writing? Writing adalah kemampuan menempatkan kata-kata yang tepat, dalam urutan yang benar, dengan ejaan dan tanda baca yang tepat berdasarkan grammar bahasa inggris.

Dalam bahasa inggris, kemampuan menulis sangat penting. Begitulah cara Anda mengomunikasikan pemikiran dan ide Anda agar seseorang dapat membaca. Ada standar dasar yang umum untuk semua jenis tulisan.

Cara meningkatkan kemampuan writing skill bahasa inggris

Berikut adalah 11 hal yang dapat Anda lakukan meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris Anda.

1. Pikirkan anda jadi pembaca

Cara pertama untuk meningkatkan kemampuan writing adalah menjadi pembaca. Selalu berpikir tentang pembaca Anda, atau orang yang akan membaca tulisan Anda. Permudah pembaca Anda untuk memahami pemikiran dan ide Anda. Gunakan kapitalisasi, tanda baca, tata bahasa, dan ejaan untuk membimbing pembaca Anda melalui pikiran Anda.

Menulis tanpa huruf besar atau tanda baca sulit untuk dibaca dan itu akan membuat pembaca Anda lebih lama memahami Anda. Lihat contoh penulisan berikut:

Hi brother! I have a question for you, i want to improve my english writing. How can i do this? Thanks.

Ini jauh lebih mudah dibaca dan dimengerti bukan!

2. Perbanyak latihan

Anda dapat langsung meningkatkan kemampuan menulis Anda dengan mencoba memperbaiki tulisan Anda dan berusaha. Perbanyak latihan mengambil peran penting dalam hal ini.
Selalu sahakan untuk menggunakan tanda baca yang tepat. Gunakan kamus untuk memeriksa ejaan Anda jika Anda tidak yakin. lalu baca tulisan Anda sebelum Anda menunjukkannya kepada siapa pun.

Hall-hal kecil sama pentingnya dengan hal-hal besar. Saat Anda menulis dalam bahasa Inggris, lakukan pelan-pelan. Luangkan waktu tambahan untuk memastikan kalimat Anda sudah benar.

3. Gunakan kamus untuk memeriksa ejaan

Apakah kemampuan writing bahasa inggris Anda sudah baik, periksa dengan menggunakan kamus ejaan Anda. Ya, ejaan bahasa Inggris itu aneh. Itu tidak cocok dengan penyebutannya (pronunciation). Ya, bahkan penutur asli kesulitan mengeja beberapa kata dalam bahasa Inggris. Jangan menebak bagaimana mengeja kata. Anda tidak dapat selalu mengandalkan komputer atau ponsel Anda untuk memperbaiki ejaan Anda!

Berikut adalah 4 kamus yang harus digunakan oleh semua pelajar bahasa Inggris:

  • Merriam-Webster’s Learner’s Dictionary (Amerika)
  • Macmillan Online Dictionary (Inggris, tetapi Anda dapat mengubahnya ke Amerika)
  • Cambridge Dictionary (Inggris, tetapi Anda dapat memilih American Dictionary Esensial )
  • Oxford Learner Dictionary (Inggris)

4. Jangan menggunakan singkatan

Tulisan pendek adalah tulisan simbol atau singkatan daripada kata-kata penuh, seperti menulis 4, bukan for.

Tidak masalah menggunakan singkatan dalam pesan teks, pesan instan, atau obrolan online. Anda menulis dengan cepat dan ingin membuat pesan Anda singkat dan mudah dibaca. Namun saat sesi writing, Anda tidak boleh melakukannya.

5. Jangan menulis “gonna,” “wanna,” “gotta,” dan sejenisnya

Ini bukan kata-kata bahasa inggris. ini adalah pronunciation bahasa inggris. Sebisa mungkin hindari menulis kata yang sejenis diatas. Tulis kata-kata yang tepat ” going to, want to, dan lainnya”. Sebab penutur asli tahu kapan menggunakan kata-kata ini, tahu kapan tidak boleh menggunakan.

6. Pelajari gaya penulisan Amerika

Jika Anda ingin menghadiri melanjutkan kuliah di USA, atau jika Anda ingin melakukan tes TOEFL, Anda perlu tahu cara menulis esai dalam gaya Amerika. Struktur penulisan yang tepat hendaknya mengandung bagian sebagai berikut.

  • Pendahuluan
  • Body
  • Kesimpulan

7. Perbanyak membaca

Anda dapat meningkatkan belajar TOEFL writing dengan banyak membaca bahasa inggris. Media berita atau buku pembelajaran adalah contoh penulisan bahasa inggris yang tepat.
Ketika Anda membaca, Anda melihat kata-kata yang sama, kelompok kata-kata, dan pola kalimat lagi dan lagi. Otak Anda mengingat hal-hal ini. Anda belajar ejaan, tata bahasa, dan kalimat yang tepat dengan tanda baca yang tepat. Anda belajar tanpa menyadari bahwa Anda sedang belajar!

8. Berpikir dalam bahasa Inggris

Jangan berpikir dan tulis dalam bahasa Anda dan kemudian terjemahkan ke bahasa Inggris. Ketika Anda mencoba menerjemahkan dari bahasa Anda ke bahasa Inggris, hasilnya adalah kekacauan kata-kata atau kelompok kata-kata yang tidak masuk akal. Kalimat atau idiom dalam bahasa Anda mungkin tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Bagaimana kamu melakukannya? Dibutuhkan latihan. Anda perlu mendengarkan dan membaca banyak, dan memperhatikan kelompok kata-kata.

Sekarang giliran Anda berlatih! Apa hal tersulit dalam meningkatkan kemampuan writing skill dalam bahasa Inggris? Share di kolom komentar.

Ingin menguasai seluruh skill dalam bahasa inggris dengan cepat tanpa kursus? Artikel berikut ini akan menjawab permasalahan Anda. Baca: Cara menguasai TOEFL, speaking, grammar tanpa kursus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here