Cara Mudah Menghadapi Sifat Dosen Pembimbing Skripsi

Cara mudah menghadapi berbagai macam sifat dosen pembimbing skripsi. Sukses menulis skripsi dengan mudah tidak terlepas dari hubungan mahasiswa dengan dosen pembimbing. Untuk itu, mengenali karakter dan profil dari setiap pembimbing sangat penting untuk diketahui. Hal ini bertujuan untuk memberikan kelancaran selama proses penulisan skrispi mulai dari bimbingan sampai pada ujian akhir.

Cara mudah mengenali berbagai macam sifat dosen pembimbing skripsi

Terdapat 4 model sifat yang dimiliki oleh dosen pembimbing skripsi anda. dan salah satu diantaranya adalah sifat yang dimiliki oleh pembimbing anda. Berikut ini 4 karakter sifat dosen pembimbing.

  1. Pembimbing mampu dan mau membimbing
  2. Pembimbing mampu dan tidak mau membimbing
  3. Pembimbing tidak mampu dan tidak mau membimbing
  4. pembimbing mau tetapi tidak mampu membimbing

Keempat karakter sifat/profil dosen pembimbing diatas akan diuraikan berikut ini

Pembimbing mampu dan mau membimbing

Ini adalah profil karakter/sifat dosen pembimbing yang terbaik untuk anda. setiap mahasiswa yang menemukan pembimbing ini akan merasa beruntung. Dosen ini menguasai topik yang akan kita teliti, sehingga mahasiswa akan diarahkan dan dituntun dengan sungguh-sungguh sampai selesai. Untuk mengenali karakter ini, biasanya mereka mengajukan pertanyaan kepada anda tentang:

  • Kapan proses bimbingan harus selesai
  • tentukan jadwal bimbingan
  • jenis bimbingan (tatap muka atau via online)
  • Mereka akan menelpon apabila mahasiswa jarang menemuinya.

Sehingga ketika menemukan dosen pembimbing seperti ini, sebaiknya selalu berikan materi pendukung dapat berupa jurnal atau buku ketika berencana untuk bimbingan. Selain itu, aktiflah bertanya terkait penelitian anda, dan buatkan perbandingan tentang manfaat penelitian anda untuk bidang anda dan masyarakat.

Pembimbing mampu tetapi tidak mau membimbing

Tipe dosen pembimbing seperti ini mempunyai materi yang telah dikuasai namun kurang bersemangat untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Kondisi tersebut dapat dipengaruhi karena banyak hal seperti: tidak senang anda atau waktu yang terbatas akibat kesibukan.

Untuk mempoleh kemudahan apabila menemukan dosen seperti ini, mahasiswa harus mampu mengalokasikan waktunya untuk aktif mencari dosen tersebut. Sampaikan secara langsung bahwa anda benar-benar bersungguh-sungguh ingin dibimbing olehnya. Meskipun membutuhkan waktu tambahan, namun ketika anda sudah mampu menarik perhatiannya, maka kemauannya untuk membimbing akan muncul dengan sendirinya.

Pembimbing tidak memiliki kemampuan dan tidak mau membimbing

Ketika menemukan pembimbing seperti ini, anda dituntut untuk bersikap mandiri selama proses bimbingan. Aktiflah untuk mencari materi terkait skripsi anda. perbanyak referensi untuk anda perlihatkan kepadanya. Disamping itu, mintalah secara langsung kepadanya untuk dibimbing sampai selesai. Anda juga perlu untuk mencari dosen pembimbing lain yang menguasai topik yang anda teliti. Hal ini bertujuan untuk mengamankan anda ketika masuk masa ujian.

Pembimbing yang tidak mampu namun mau membimbing

Apabila anda menemukan sifat dosen pembimbing seperti ini, anda harus berkerja secara mandiri dengan menguasai seluruh topik yang anda teliti. disamping itu referensi selalu dikaitkan saat ingin melakukan bimbingan. Namun hal baiknya adalah, anda tidak sibuk untuk menghubunginya, sebab waktunya akan terbuka lebar untuk anda. Tipe ini juga menjadi pavorit mahasiswa, sebab mereka dapat mengikuti mahasiswa apabila sudah dianggap benar.

Demikian jenis sifat dan karakter dari dosen pembimbing skripsi serta cara menghadapinya. Dosen pembimbing yang bersifat killer atau tidak sebenarnya hanya tergantung bagaimana cara anda mengahadapinya baik dari segi komunikasi, ataupun perilaku anda ke mereka. Admin mengharap semoga anda dimudahkan dalam pengurusan skripsi sehingga terlepas dari jasa pembuatan skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*