5 Nasehat Cara Belajar Kosakata TOEFL dengan Mudah

0
448
cara belajar kosakata toefl bahasa inggris

AnaOgi – Cara efektif belajar kosakata TOEFL bahasa inggris dengan cepat dan mudah diingat sebenarnya bisa dilakukan asalkan menggunakan metode yang benar. Ibarat pepatah, biar lambat asal selamat. Pepatah klasik ini berarti bahwa yang terbaik adalah bergerak ke arah tujuan Anda dengan kecepatan yang nyaman tetapi konstan.

Jika Anda mencoba bergerak terlalu cepat, atau melakukan terlalu banyak sekaligus, Anda sebenarnya dapat membuat segalanya lebih sulit. Ide sederhana ini dapat membantu Anda mendapat skor tinggi pada TOEFL dan menguasai bahasa Inggris.

Bagaimana cara menghapal kosakata TOEFL dengan mudah?

Nah, untuk melakukan salah satu dari hal-hal itu, Anda perlu membangun kosakata toefl bahasa Inggris Anda. Tentu, hanya beberapa kata sederhana bersama dengan ekspresi tangan dan wajah, dapat membuat Anda mengerti bahasa inggris. Namun itu tidak cukup jika Anda ingin mendapatkan skor toefl yang tinggi.

Semakin banyak kata yang Anda tahu, semakin baik dan cara terbaik untuk mempelajari lebih banyak kata adalah mempelajarinya senyaman mungkin meskipun lambat.

Memperbaiki cara belajar kosakata toefl Anda akan membantu Anda mengekspresikan diri, berbagi ide, dan memahami orang lain. Ini juga akan membantu Anda mencapai impian akademis dan profesional Anda menggunakan bahasa Inggris.

Mempelajari kata-kata baru dalam bahasa asing dapat menjadi tantangan, tetapi tidak harus membosankan atau membuat frustrasi.

Dengan mengambil hal-hal secara perlahan dan menggunakan teknik dan langkah yang telah terbukti di bawah ini, menghafal vocabulary toefl akan mudah dan menyenangkan bagi Anda.

5 langkah sederhana belajar kosakata TOEFL

Sangat mudah untuk tersesat di antara semua kata bahasa Inggris. Kamus tebal Anda memiliki ribuan kata, dan bahkan daftar kata penting TOEFL memiliki ratusan jumlahnya. Apakah Anda seharusnya belajar semuanya sekaligus? Tentu saja tidak! Mari kita lihat bagaimana menghapal vocabulary toefl dan memahaminya secara alami.

  1. Buat kosakata dalam kategori

Membuat kategori saat belajar kosakata toefl itu penting karena memungkinkan Anda membayangkan kata-kata Anda dalam konteks.

Beginilah cara kerja otak kita. Kata-kata tidak muncul sendiri dalam kehidupan nyata. Anda selalu mengatur pemikiran Anda di berbagai kategori. Anda mendiskusikan berbagai ide seputar berbagai topik, misalnya. Jadi, sangat berguna untuk menghubungkan kosakata Anda dengan kategori.

Pendekatan ini umumnya berguna untuk belajar untuk TOEFL, karena bagian membaca, menulis dan mendengar semuanya terkait dengan kategori tertentu.

Mulailah menetapkan beberapa kategori dasar

Buat daftar kategori spesifik yang relevan dengan kehidupan Anda dan tes TOEFL. Anda mungkin ingin memeriksa dengan panduan belajar TOEFL untuk kategori yang muncul pada tes.

Kategori Anda mungkin termasuk (tetapi tidak terbatas pada):

  • pendidikan
  • Karier
  • Bisnis
  • Hubungan
  • Keluarga
  • Olahraga
  • Agama
  • Politik
  • Lingkungan Hidup
  • Kesehatan
  • Makanan
  • Budaya
  • Perjalanan
  • Kenyamanan

Ingat, ini hanya contoh. Anda dapat menggunakan kategori lain yang dapat Anda pikirkan, dan Anda tidak harus fokus pada semua contoh di atas. Terserah Anda dengan kategori kosakata apa yang Anda mulai.

2. Tentukan kosaka kata target harian

Pilih kategori untuk hari dan minggu ini. Misalnya, pilih “Hubungan” untuk minggu ini. Fokuslah pada kategori mingguan Anda sebelum berpindah ke kategori lain. Ini akan membantu untuk menghindari kebosanan dan untuk membentuk kosakata yang beragam.

Pilih lima kata sehari

Untuk setiap hari, pilih lima kata yang terkait dengan kategori yang tidak Anda ketahui. Itu adalah pilihan Anda, tetapi jangan mencoba menghafal lebih dari lima kata per hari. Juga, jangan tambahkan kata-kata baru ke daftar Anda selama akhir pekan.

3. Kembangkan setiap kata menjadi kalimat

Setelah Anda memilih kata-kata Anda untuk hari itu, langkah selanjutnya adalah menentukannya dengan menyusun menjadi beberapa kalimat.

Mulailah dengan mencoba menebak arti dari setiap kata dan mencari defenisi sebenarnya (kamus). Setelah Anda menemukan definisi kamus, buat definisi Anda sendiri. Anda dapat menulis seluruh kalimat sebagai definisi Anda.

Temukan sinonim dan antonim

Setelah Anda mendefinisikan kata Anda, temukan sinonim dan antonim kosakata bahasa inggris tadi. Sinonim adalah kata-kata dengan arti yang mirip dengan kata asli Anda sementara antonim berarti sebaliknya.

Sinonim dari lembut meliputi:

  • lembut
  • tenang
  • tenang
  • jinak

Antonim termasuk:

  • kasar
  • keras
  • kekerasan

4. Review kosakata Anda

Untuk mengingat kata-kata Anda, penting untuk meninjau sesering mungkin. Selama minggu Anda, yang terbaik adalah menjadwalkan sesi peninjauan Berikut ini beberapa cara berbeda yang dapat Anda pilih untuk meninjau kata-kata Anda.

 

Gunakan catatan tertempel di sekitar rumah

Tempelkan catatan di area-area yang sering Anda lewati, seperti cermin, kamar mandi, lemari Anda, kulkas Anda, pintu dan sebagainya. Ketika Anda melihat sebuah kata, definisikan, ulangi tiga kali dan gunakan dalam sebuah kalimat.

Setel pengingat di ponsel Anda beberapa kali sehari

Ketika alarm berbunyi, jalankan melalui flashcards Anda atau tulis kalimat dengan kata-kata Anda. Anda bahkan dapat memutar kata-kata Anda, mengatur pengingat untuk kata baru setiap jam. Bidik dua atau tiga alarm per kata per hari.

Gunakan kata-kata Anda sepanjang hari

Gunakan kata-kata Anda ketika berinteraksi di media sosial, berbicara dengan pembicara bahasa Inggris atau menghadiri kelas bahasa Inggris. Tidak ada minimum atau maksimum berapa kali Anda harus melakukan ini. Gunakan setiap kesempatan dan tantang diri Anda.

Gunakan kata-kata Anda dalam latihan menulis dan berbicara Anda

Ketika Anda melakukan latihan menulis dan berbicara untuk tes TOEFL, pastikan untuk memasukkan beberapa kata-kata baru Anda dalam esai atau jawaban lisan.

Minta seseorang untuk menguji Anda

Sebaiknya mereka adalah pembicara bahasa Inggris atau pelajar bahasa Inggris, tetapi pembicara yang tidak berbahasa Inggris juga dapat menguji pengetahuan Anda. Jika Anda dapat meminta seseorang untuk menanyai Anda setiap hari, itu bagus. Jika tidak, cobalah lakukan ini 2-3 kali per minggu atau gunakan akhir pekan Anda untuk ini.

5. Review secara keseluruhan setiap minggu

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk membiarkan pengetahuan Anda meresap. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menjadwalkan beberapa cara praktis dan menyenangkan untuk berlatih. Berikut beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk latihan akhir pekan.

Gunakan kata-kata Anda dalam konteks kehidupan nyata

Jika Anda memiliki seorang guru, teman belajar, teman berbahasa Inggris atau orang-orang untuk mengobrol online dengan bahasa Inggris, tantang diri Anda untuk sering menggunakan kata-kata baru bersama mereka.

Anda mungkin ingin menyarankan mengobrol tentang topik mingguan Anda dengan mereka, memungkinkan Anda untuk berlatih kosakata baru Anda. Jadwalkan minimal setengah jam dengan teman atau guru untuk latihan bahasa Inggris, dan cobalah untuk menghabiskan 10-15 menit berbicara tentang topik mingguan Anda.

Beri diri Anda tantangan menulis kreatif

Tulis cerita pendek atau puisi termasuk semua 25 kata Anda dari minggu ini. Anda juga mungkin ingin menantang diri sendiri dengan menulis puisi atau cerita yang menggunakan setiap kata beberapa kali.

Seperti yang Anda lihat, belajar vocabulary TOEFL penting dan tidak begitu sulit. Cukup pilih kategori untuk setiap minggu, pilih lima kata baru setiap hari dan tentukan kata-kata Anda. Kemudian tinjau dan gunakan sesering mungkin.

Menggunakan teknik ini akan meningkatkan kemampuan belajar kosakata TOEFL Anda dengan cepat. Ketika saatnya tiba, Anda akan lulus TOEFL.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here